PROSES KERJA DI PERUSAHAAN PT. BPR BANK DAERAH BANGLI (PERSERODA)

PROFIL PERUSAHAAN PT. BANK DAERAH BANGLI (PERSERODA)



Sejarah Perusahaan Tempat Magang
       Pada awalnya PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) berdiri pada tanggal 21 februari 1968, pada mulanya bernama Perusahaan Daerah Bank Pasar Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli didirikan dengan Peraturan Daerah Nomor II/PD/DPRD.GR/1967. PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) mulai beroperasi pada tanggal 21 Pebruari 1968 dengan nama PD Bank Pasar Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli. Pada awalnya merupakan sebuah kantor yang hanya menempati ruangan kecil di luar area pasar Bangli dan hanya fokus dalam melayani pedagang tradisional semata. Tapi sejalan dengan kemajuan usahanya, kantor PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) berhasil menempati Gedung di Jalan Merdeka No. 27 Bangli dan dengan cakupan pelayanan wilayah Kabupaten Bangli.
        PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) adalah sebuah Lembaga Keuangan yang bergerak dalam Bidang Perbankan dengan Kegiatan Penggalangan dan Penyaluran Dana, dari dan untuk Masyarakat, dengan Status Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Bangli berdasarkan Surat Keputusan dan Ijin Menteri Keuangan Republik Indonesia No. S – KET – 265/DJM/III.3/6/1974 tanggal 5 Juni 1974.




     Logo PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) terdiri atas elemen gambar dan elemen teks. Berbentuk segitiga sama kaki yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu tengah, atas dan bawah dalam ajaran agama Hindu disebut “Tri Loka”. Tri Loka merupakan lapisan alam semesta yang terdiri atas Bhur Loka, Bvah Loka, dan Swah Loka. Ketiga lapisan alam semesta terletak vertical. Kesatuan dan keseimbangan alam yang ada di Kabupaten Bangli merupakan salah satu hal yang divisualisasikan di dalam elemen gambar logo PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda). Masing-masing bagian dalam elemen gambar mewakili gunung, danau, dan kehidupan masyarakat di Bangli.
Logo Bank Daerah Bangli menggunakan empat jenis warna utama yang memiliki makna atau psikologi yang sesuai dengan jati diri Bank Daerah Bangli sendiri, yaitu :

1.      Merah : Bersifat berani mengambil resiko

2.      Hijau : Warna alam yang bersifat hidup, tumbuh dan berkembang

3.      Oranye keemasan : Mewakili cita-cita yang tinggi Bank Daerah Bangli selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapai puncak keemasan

4.      Hitam : Bersifat kematangan, kuat, Tangguh, terpercaya dan formal.

 Visi dan Misi Instansi atau Industri Tempat Magang

Ø  Visi Perusahaan :

Mewujudkan pelayanan prima melalui sumber daya manusia yang profesional dengan memanfaatkan informasi dan teknologi.

Ø  Misi Perusahaan :

Memberikan jasa perbankan yang dibutuhkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Pegawai Negeri/Swasta guna memberikan manfaat serta peningkatan kesejahteraan Bersama

TEMPAT DAN PELAKSANAN MAGANG


Pelaksanaan Magang oleh mahasiswa/i dimulai tanggal 19 September 2023 sampai dengan 29 Desember 2023. Magang dilaksanakan pada PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) yang berlokasi di JL. Merdeka No. 27, Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Magang pada PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) dilaksanakan selama 5 hari kerja dalam seminggu. Jam kerja pada Perusahaan ini yaitu, sebagai berikut :

v  Senin s/d Kamis pukul 07.00 WITA – 16.00 WITA

v  Jumat :

·         Pukul 06.00 WITA – 07.00 WITA (Olahraga)

·         Pukul 08.00 WITA – 13.30 WITA

KEGIATAN SELAMA PROSES MAGANG



Melaksanakan kegiatan apel rutin yang dilaksanakan setiap hari senin dan hari kamis. Apel dilaksanakan di area perusahaan. Semua staf dan direksi diwajibkan untuk mengikuti apel tersebut.

Melaksanakan Kegiatan olahraga rutin yang diselenggarakan setiap hari jumat pagi pada pukul 06.00 am sampai dengan pukul 07.00 am. Kegiatan olahraga rutin ini dilaksanakan di Alun - Alun Kota Bangli. Yang mengikuti kegiatan ini yaitu seluruh staf dan direksi PT. BPR Bank Daerah Bangli.

PROSES KERJA SELAMA KEGIATAN MAGANG
1. Cek Bendel Kredit Dari Nasabah
        Penulis diberikan tugas untuk mengecek bendel pinjaman kredit dari nasabah yang diantaranya harus dicek yaitu, kesesuain identitas pemohon dengan KTP asli, jumlah plafond yang diajukan, bunga pokok dan angsuran yang diberikan dan jangka waktunya, jika menggunakan agunan dalam mengajukan kredit tersebut cek bentuk agunan yang digunakan.

2. Cek Buku Bilyet Deposito Nasabah
        Penulis diberikan tugas untuk mengecek kelengkapan pengisian identitas nasabah dalam mengisi blanko sebelum diberi tanda tangan oleh bapak direktur bisnis.

3. Mengetikkan Materi Maupun Merevisi Materi 

    Penulis diberikan tugas untuk membantu mengetikkan materi yang nantinya dijadikan bahan sosialisasi direksi atau materi – materi lainnya. Penulis juga dapat diberikan tugas untuk mengetikan notulen hasil rapat direksi. Selain mengetikkan materi penulis juga ditugaskan untuk membuat Power Point (PPT) dari materi – materi yang sebelumnya telah dibuat

4. Membuat Cek List Kegiatan Direksi Maupun Staf Yang Bertugas Dengan Direksi Dan Laporan Perjalanan Dinasnya Dan Membuat Surat Tugas


    Penulis diberikan tugas untuk membuat cek list kegiatan yang diantaranya berisikan tentang hari/ tanggal kegiatan, nama kegiatan dan disertai dengan waktu pelaksanaan tugas.
    Setelah terlaksananya kegiatan tersebut nantinya akan dilanjutkan dengan membuat laporan perjalanan dinas yang dimana berisikan tentang bagaimana kegiatan tersebut berjalan/terlaksana dan Laporan perjalanan dinas berisi segala kegiatan, serta biaya – biaya yang dikeluarkan selama perjalanan.
    Dan untuk membuat surat tugas berisikan tentang perintah penugasan menghadiri undangan atau kegiatan lainnya kepada yang diberi tugas yang memuat apa yang harus dilakukan. Surat tugas digunakan untuk melaksanakan kegiatan kedinasan dalam jangka waktu tertentu, seperti perjalanan dinas dalam kota atau luar.

5. 
Mengetikkan Surat Opini Legal

Penulis diberkan tugas untuk mengetikkan surat opini legal untuk nasabah yang sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan bagi para pihak yang berkepentingan dan sedang mengalami permasalahan hukum agar dapat membuat dan mengambil suatu keputusan atau tindakan yang tepat berkenaan dengan masalah yang dihadapi

KENDALA DAN SOLUSI SELAMA PROSES MAGANG 

Dalam pelaksanaan magang, penulis tentu saja menghadapi beberapa kendala seperti Merasa canggung dalam berinteraksi terhadap lingkungan sekitar pada awal melaksanakan magang, Saat diberikan tugas untuk membawakan dokumen ataupun pergi ke ruangan lain pernah merasa gugup dan kurang mengetahui nama pegawai sehingga bingung dengan pegawai yang akan di tuju atau yang akan didatangi untuk membawakan berkas dan Merasa gugup pada saat awal melaksanakan magang. Dari kendala yang penulis alami dapat mengambil solusi seperti lebih berani mencoba berkomunikasi dengan sesama dan lebih membiasakan diri terhadap lingkungan sekitar.


Komentar